Perlu diperhatikan beberapa hal mengenai bagaimana caranya agar efektivitas kerja pada karyawan dapat terlaksana dengan baik, karena karyawan merupakan penggerak roda organisasi yang diharapkan mampu bekerja secara efektif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kerja adalah :
1. Kejelasan perencanaan kerja yaitu, seorang karyawan mampu untuk memahami rencana kerja yang telah ditetapkan, sehingga apabila rencana-rencana tersebut dipahami dengan jelas oleh para karyawan, maka kerja akan berjalan efektif.
2. Prosedur kerja yaitu, tahap-tahap yang harus dilakukan oleh karyawan dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan yang telah ditetapkan.
3. Keterlatihan para karyawan yaitu, para karyawan mempunyai kemampuan yang telah terlatih dalam melaksanakan pekerjaan, sehingga hasil pekerjaan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Dengan demikian pekerjaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
4. Adanya kerja sama antara atasan dengan bawahan, rasa tanggung jawab dan memiliki yang ditanamkan oleh atasan kepada bawahan akan sangat membantu untuk menciptakan suasana kerja yang harmonis.
5. Semangat kerja dan disiplin yaitu, para karyawan mempunyai keinginan untuk melaksanakan pekerjaan secara lebih giat dan lebih baik serta bekerja sesuai dengan jadwal yang telah diberikan. Dengan demikian pekerjaan diharapkan akan mudah diselesaikan dengan cepat dan lebih baik.
6. Kepuasan karyawan yaitu, timbal balik yang dilakukan oleh perusahaan dalam memenuhi kebutuhan para karyawan, sehingga para karyawan memperoleh kepuasan dalam bekerja dan tujuan perusahaan akan tercapai dengan baik. (Hasibuan, 1995 : 223)
Dari beberapa faktor di atas, hendaknya pimpinan mampu melihat dengan jeli potensi karyawan dengan segala kelebihan dan keterbatasannya, sehingga dapat mensiasati pencapaian efektivitas kerja karyawan, dengan harapan pencapaian tujuan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar